The Shadow

Pernahkah kamu merasa seperti bayangan ? Tak diperhatikan, tak dianggap, tak diperhitungkan padahal setiap waktu kamu selalu ada di sekitar mereka. Apa yang kamu katakan tak di terima, tak di sanggah, tak di kritik, tak diminta pendapatnya, tak dilibatkan bahkan di dengar saja tidak. Kamu ada tapi tak ada. Kamu juga bukan tak pernah melakukan apa-apa, kamu sering membantu dan bantuanmu diterima tapi setelah itu kamu kembali dilupakan. Sesekali pernah ketika aku datang dan tak ada yang merespon kedatanganku begitu pula ketika aku pergi, seperti bayangan atau roh yang tak terlihat kasat mata. Intinya adalah kamu tak dianggap keberadaannya

Ya aku terbiasa dengan itu, aku membantu, bantuanku diterima lalu dilupakan. Ketika aku kesusahan tak ada yang dapat membantuku, aku berusaha sendiri keluar dari kesusahanku. Kadang aku menghibur diriku bahwa hal ini adalah proses untuk menjadikanku pribadi mandiri dan kuat. Aku tak perlu bantuan orang lain, aku bisa melakukannya sendiri, aku mampu melakukannya. Sampai saat ini aku cukup kuat bertahan mungkin karena aku terbiasa dengan hal-hal semacam ini. Kadang aku merasa sedih jika memikirkan kembali keadaanku, sungguh menyedihkan menurutku.

Aku terus mencari penghiburan dan suatu kali aku mendapat renungan pagi dimana disana tertulis di judul “Kamu bukan terkubur melainkan tertanam”. Semua tulisan di renungan ini menguatkanku bahwa apa yang mungkin dirasa menyedihkan hari ini jangan berputus asa, karna Tuhan masih belum selesai akan pekerjaan-Nya. ada pula tertulis “Hal-hal buruk yang kalian hadapi masih dapat Tuhan gunakan untuk apa yang baik; dan justru, hal-hal buruk yang kalian hadapi saat ini, mungkin saja sebenarnya mengandung berkat yang tersembunyi. ” Renungan ini terus aku ingat dan terus memberikanku kekuatan ketika aku merasa hidupku menyedihkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s